Selasa, 09 Agustus 2016

JENIS - JENIS SEL PUNCA

Sel punca merupakan istilah lain dari stem cell. Sel punca adalah sel yang belum melakukan diferensiasi dan memiliki potensi untuk berdiferensiasi menjadi sel-sel lain. Tidak hanya dapat berdiferensiasi menjadi sel lain, sel punca juga memilik kemampuan dalam meregenerasi selnya dengan cara membelah.


Sel punca dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan asal selnya, yaitu : sel punca embrionik, sel punca fetal, sel punca ekstraembrionik, dan sel punca dewasa.

  • Sel punca embrionik

Sel punca yang diambil dari blastocyst yang berusia 5 hari. Sel punca jenis ini memiliki sifat dapat berkembang secara terus-menerus dalam wadah kultur dan dapat diarahkan untuk berdiferensiasi menjadi berbagai seperti sel kulit, sel jantung, sel neuron, dan sel lainnya. Karena memiliki potensi  untuk bisa menjadi berbagai jenis sel maka sel punca ini dikatakan pluripoten.

  • Sel punca fetal

Sel punca jenis ini berasal dari berbagai organ dan jaringan fetus. Organ atau jaringan yang digunakan dalam sel punca fetal ini seperti otak untuk menghasilkan sel punca neural, sumsum tulang untuk menghasilkan sel punca hematopoietik, dan beberapa organ atau jaringan lainnya.

  • Sel punca ekstraemrionik

Pada jenis sel punca ini berasal dari plasenta, tali pusar, dan darah tali pusar. Sel punca yang berasal dari darah tali pusar mengandung sel punca hematopoietik dan memiliki kemampuan multipoten .

  • Sel punca dewasa


Merupakan sel punca yang berasal dari berbagai organ atau jaringan , seperti otak, sumsum tulang, otot rangka, dan oragan atau jaringan lain. Sel punca ini akan terus berkembang karena penelitian terhadap jenis sel punca ini masi terus berlangsung. Sel punca jenis ini bersifat multipoten. Tugas utama dari sel punca dewasa adalah memelihara dan memperbaiki jaringan tempat sel punca itu ditemukan.

0 komentar:

Posting Komentar