Rabu, 20 Juli 2016

PENGERTIAN DAN PEMBAGIAN JENIS NEOPLASMA

Secara harafiah neoplasma adalah pertumbuhan baru, maksud dari pertumbuhan baru disini merupakan massa abnormal dari sel-sel yang mengalami proliferasi. Sel neoplasma ini berasal dari sel yang dahulu merupakan sel normal, namun selama mengalami perubahan neoplastik mereka memperoleh derajat otonomi tertentu yaitu sel neoplastik tumbuh dengan kecapatan yang tidak terkoodinasi dengan kebutuhan hospes dan fungsi yang sangat tidak bergantung pada pengawasan homeostasis sebagian besar sel tubuh lainnya.


Menurut sifatnya neoplasma dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Neoplasma jinak.
sel-sel yang berproliferasi merupakan cenderung sangat kohesif, sehingga waktu massa sel neoplastik itu tumbuh, terjadi perluasan massa secara sentrifugal dengan batas yang sangat nyata. Neoplasma jinak memilik kapsul jaringan ikat padst yang memisahkan neoplasma dari sekelilingnya. Neoplasma jinak tidak menyebar ka tempat yang jauh dan laju pertumbuhannya lambat.


  • Neoplasma ganas.
memiliki banyak sifat yang berlawanan dengan sifat yang dimilik neoplasma jinak. Neoplasma ganas tumbuh lebih cepat dan progresif. Neoplasma ganas tidak memiliki sifat kohesif, akibatnya pola penyebarannya tidak  teratur. Neoplasma ganas cenderugn tidak berkapsul. Pertumbuhan neoplasma ganas dengan cara menyerbu dan mampu melakukan penyebaran ke daerah yang jauh atau sering disebut metastasis.

0 komentar:

Posting Komentar