Jumat, 05 Agustus 2016

SEDIKIT PENJELASAN DARI BAKTERI STAFILOKOK

Stifilokok adalah sel sferis gram-positif, biasanya tersusun dalam kelompok ireguler seperti anggur. Organisme ini mudah tumbuh pada banyak jenis medium dan aktif secara metabolis, memfermentasi karbohidrat dan menghasilkan pigmen yang bervariasi dari putih sampai kuning tua.
Beberapa anggotanya adalah flora normal kulit dan membran mukosa manusia lainnya menyebabkan supurasi, pembentukan abses, berbagai infeksi piogenik dan bahkan septikemia yang fatal. Stafilokok pathogen seringkali menghemolisis darah, menyebabkan koagulasi plasma, dan menghasilkan berbagai toksin serta enzim ekstraseluler. Keracunan makanan yang paling umum disebabkan oleh enterotoksin stafilokok yang stabil-panas. Stafilokok dengan cepat menjadi resisten terhadap banyak agen antimikroba dan menimbulkan persoalan terapi yang sulit.


Genus staphylococcus mempunyai paling sedikit 40 spesies. Tiga spesies yang paling sering dijumpai yang mempunyai kepentingan klinis adalah staphylococcus aureus, staphylococcus epidermidis, dan staphylococcus saprophyticus. S. aureus koagulase bersifat positif, yang membedakannya dengan spesies lain. S. aureus merupakan patogen utama untuk manusia. Hampir setiap orang akan mengalami beberapa jenis infeksi S. aureus sepanjang hidup, dengan kisaran keparahan dari keracunan makanan atau infeksi kulit minor hingga infeksi berat yang mengancam jiwa. Stafilokok koagulase negatif merupakan flora normal manusia dan kadang-kadang menyebabkan infeksi, sering berkaitan dengan alat implan, seperti protesis sendi, shunt, dan kateter intravascular, terutama pada pasien-pasien yang berusia sangat muda, tua, dan luluh imun. Sekitar 75% infeksi—infeksi ini disebabkan oleh stafilokok koagulase negatif, yaitu S. epidermidis; infeksi yang disebabkan oleh staphylococcus lugdunensis, staphylococcus warneri, staphylococcus hominis, dan spesies lain yang lebih jarang. S. saprophyticus relative sering menyebabkan infeksi saluran kemih pada wanita muda, meskipun jarang menyebabkan infeksi pada pasien yang dirawat di rumah sakit. 

0 komentar:

Posting Komentar