Kamis, 28 April 2016

Tidur Siang Bisa Menekan Resiko Terkena Penyakit Jantung


Nama: Ariq Muflih Halim Hasibuan
Nama: Muhammad Aditya Pratama Hasibuan


Di abad ke-21 ini kita memang dituntut untuk lebih produktif hingga akhirnya mobilitas meningkat, waktu  istirahat saja  sulit didapat apalagi untuk tidur siang bisa dibilang hampir musahil. Bisa kita lihat keadaan di kantor-kantor, pertokoan hingga kantor pemerintahan dan tempat sibuk lainya. Pekerja tampak begitu terlena dengan berbagai aktivitasnya. Makan siang pun sering dilanggar karena beban pekerjaan yang menumpuk. Tapi, kenapa kita perlu tidur siang atau istirahat siang? Tidur siang dianggap enteng oleh kebanyakan orang, namun berdasarkan penelitian akhir-akhir ini mengistirahatkan sejenak pikiran dan fisik anda di siang hari, di tengah aktivitas kerja anda sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung. itulah faktanya bahwa tidur siang yang dilakukan secara tetap dan konsisten akan berefek dalam membantu kadar stress seseorang menurun dan yang terpenting dapat juga menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
           
Berdasarkan penyataan diatas, tentu bukan sebatas perkataan yang sembarang. Namun, kesimpulan dari hasil kerja ilmiah, disimpulakan dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Sarah Conklin dan Ryan Brindle dari Allegheny University di Pennysylvania, tidur siang memberikan pengaruh positif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. pengaruh positif itu sangat mempengaruhi kondisi saluran kardiovaskular yang membantu dalam menjaga tekanan darah tetap seimbang. Beban kerja yang terlalu berat dan tingkat stress yang tinggi akan berimplikasi pada kelelahan fisik dan psikis yang berkelanjutan yang akan menyebabkan tekanan darah menjadi tidak seimbang. Keadaan demikian dalam waktu lama akan memberatkan kinerja jantung dan lama-kelamaan jantung akan mengalami kelelahan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Cronklin dan brindle tadi setidaknya melibatkan 85 orang yang kemudian mereka dibagi menjadi dua kelompok, kegiatan yang dilakukan oleh adalah kelompok pertama melakukan tidur secara rutin minimal satu jam sehari sedangkan kelompok lainnya tidak melakukan tidur siang.
           
            Setelah kuisioner dibagikan, yang kemudian diikuti dengan pemeriksaan tekanan darah dan interval denyut nadi mereka, maka diperolehlah kesimpulan bahwa memang tingkat stres kedua kelompok diatas tak terpaut signifikan. Begitu juga dengan aktivitas tidur siang, tidak menururnkan kadar stres secara drastis. Namun, apabila hasil ini dibandingkan dengan kelompok yang melakukan tidur siang minimal satu jam dalam seharinya memiliki interval nadi dan tekanan darah yang cenderung stabil. Begitu juga hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh ilmuwan Yunani selama enam tahun lamanya dan mendapatkan kesimpulan bahwa orang yang senantiasa tidur siang selama paling tidak 30 menit dan seharinya memiliki resiko 37% lebih rendah terhadap gangguan penyakit jantung. Juga semakin dilegitimasi dengan pendapat para ahli bahwa tidur siang sangat berperan dalam membuat orang untuk rileks dan bisa juga mengurangi tingkat stres. Bahkan, persentase resiko penyakit jantung lebih sedikit ditemukan di negara-negara yang masyarakatnya rutin melakukan tidur siang dibandingkan negara yang penduduknya tidak tidur siang.
           

            Tahukah anda, tidur siang telah membantu menurunkan resiko gangguan jantung pada para pekerja sebanyak 64%. Sedangkan pada pria yang tidak mempunyai pekerjaan, hasilnya hanya sekitar 36% saja. June Davidson dari British Heart Foundation menyatakan bahwa tidur siang yang dilakukan di tengah-tengah jam kerja dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit jantung, terutama bagi kalangan pekerja. Oleh karena itu, jadwal pekerjaan yang ada dengan waktu istirahat ataupun tidur siang  harus seimbang. Karena  pentingnya tidur siang bagi para pekerja, sebuah perusahaan alumunium dan juga besi di Southington Connecticut, Yarde Metals membuat  ruangan khusus bagi para pekerjanya untuk tidur siang. Fasilitas yang diberikan diruang khusus tidur siiang itupun terbilang lengkap dimana ada bantal yang lembut, sofa kulit, penerangan yang remang-remang untuk memaksimalkan tidur siang karyawannya. Perusahaan itu menyadari bahwa tidur siang memberikan manfaat yang sangat baik kepada setiap pekerjanya, bahkan tingkat produktifitas kalangan pekerja juga meningkat. Mengingat betapa pentingannya tidur siang terutama untuk tingkat kesehatan organ vital manusia-jantung-maka, sebaiknya mulai saat ini anda mengupayakan untuk tidur siang sekalipun sedang diburu oleh deadline pekerjaan anda.
           
Kesimpulan:

            Anda harus percaya jika anda secara konsisten dan terus menerus menyeimbangkan antara jam bekerja anda dengan jam istirahat anda maka kualitas hidup dan juga kinerja tubuh anda akan meningkat. Tidur siang memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan jantung dan penurunan tingkat stress. Oleh karena itu, melakukannya secara konsisten dan terus menerus merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga produktifitas kerja. Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat saja yang selama ini terkenal memiliki penduduk yang “Tergila-gila” kerja, menyadari pentingnya tidur siang. kini sudah saatnya kita mulai memberikan waktu kepada tubuh kita untuk beristirahat. Jadi, tidak ada alasan untuk kita tidak mengistirahatkan sejenak tubuh kita setelah makan siang.

0 komentar:

Posting Komentar