Rabu, 20 Juli 2016

APA ITU APOPTOSIS ???

Apoptosis merupakan proses yang jarang ditemui, tetpi tidak kalah pentingnya dengan proliferasi sel bagi fungsi tubuh sebagai kematian sel yang terprogram atau sel bunuh diri. Berasal dari bahasa yunani apoptosis yaitu apo dan ptosis, dimana apo artinya off  dan ptosis artinya terjatuh.
Jadi apoptosis artinya suatu aktivasi sel yang diatur secara ketat dan terjadi secara cepat dan menghasilkan badan apoptotic kecil berselubung membrane, yang cepat mengalami fagositosis oleh sel-sel yang berdekatan atau makrofag yang dikhususkan untuk pembangunan debris. Berbeda dengan nekrosis sebagai hasil jejas yang tidak disengaja, sel apoptotic tidak mengalami rupture dan tidak melepas isinya.


Beberapa contoh berikut menggambarkan pentingnya proses apoptosis. Dalam timus, limfosit T dengan potensi bereaksi terhadap antigen diri menerima sinyalyang mengaktifkan program apoptosis dan sel tersebut mati melalui apoptosis sebelum meninggalkan timus. Pada ovarium yang matur, apoptosis merupakan mekanisme kehilangan sel luteal bulanan dan pembuangan dan kelebihan oosit dan folikelnya. Kematian sel pertama kali ditemukan dalam embrio yang sedang berkembang, saat kematian sel terprogram menjadi proses yang yang penting bagi pembentukan berbagai organ atau region tubuh (morfogenesis), seperti jaringan diantara jari padda tunas ekstremitas yang sedang terbentuk. Apoptosis juga berperan penting pada pembentukan system syaraf pusat.

0 komentar:

Posting Komentar