Rabu, 20 Juli 2016

TERAPI PADA KEGANASAN (KANKER)

Ada beberapa cara pengobatan neoplasma ganas (kanker) yang bisa diterapkan secara bersamaan ataupun secara serial. Cara-cara pengobatan yang akan dibahas yaitu : operasi pengangkatan, radioterapi, kemoterapi, dan imunoterapi.


Operasi pengangkatan merupakan jenis pengobatan tertua dan terbaik pada kasus keganasan (kanker). Tindakan ini sangat efektif jika eksisi tumor primer disertai dengan eksisi tepi jaringan normal dan mungkin disertai dengan eksisi kelenjar getah bening regional. Hal tersebut akan menghilangkan semua sel kanker dari tubuh (beberapa orang mengatakan, hal ini akan mengurangi seluruh bebantubuh dari sel-sel kanker sampai ke titik saat daya tahan hospes dapat menghilangkan sel kanker yang masih tersisa). Tetapi, banyak dari tumor yang “tidak dapat dilakukan operasi pengangkatan” karena tumor primer menyerang struktur lokal yang penting, telah terjadi metastasis jauh sehingga pembuangan tumor primer tidak dapat membrantas neoplasma, atau riwayat perjalanan alamiah beberapa penyakit (seperti leukemia) menyebabkan tidakan pembedahan tidak sesua pada stadium apapun.

Pengobatan dengan radioterapi, maksudnya memberikan radiasi ionisasi pada neoplasma. Pengobatan dengan cara ini lebih menguntungkan karena tidak perlu mengorbankan struktur yang vital. Cara pengobatan ini juga memiliki keterbatasan dimana ada beberapa tumor yang bersifat radioresisten. Juga pada tumor-tumor yang sudah menyebar luas, penggunaan iradiasi pada daerah tubuh yang luas akan member risiko morbiditas yang tidak dapat ditoleransi.

Jenis pengobatan yang sedang berkembang pada saat ini adalah kemoterapi, yaitu dengan memaparkan sel-sel kanker yang berproliferasi dan se-sel normal dengan berbagai macam agen sitotoksik. Sel-sel kanker yang telah menyebar luas hingga tak mungkin untuk dioperasi atau ditangan dengan radioterapi masih dapat dihilangkan dengan pemberian obat secara sistemik. Akan tetapi setiap sel kanker memiliki kepekaan yang berbada terhadap satu obat atau kombinasi obat-obat tertentu dan tidak ada satu obat yang bias menyembuhkan segala jenis kanker. Pemakaian kemoterapi memiliki efek terhadap sel-sel normal yang berproliferasi cepat, seperti sel-sel hematopoietik dan sel-sel epitel pada sumsum tulang atau saluran pencernaan.


Imunoterapi digunakan karena pada sel kanker terdapat perbedaan antigen dengan sel normal, perbedaan tersebut dapat membangkitkan reaksi imunologik. Reaksi ini diperihatkan pada laboratorium tetapi belum dapat dikendalikan pada tingkat pemakaian klinis.  

0 komentar:

Posting Komentar